, , , ,

Feng Shui - Tata Letak Ruang Rumah membawa Hoki

07.58


Seni tata letak feng shui bertujuan mengelola sumber chi. Prinsipnya, mengalirkan chi ke dalam ruangan akan membawa energi menguntungkan dalam kehidupan Anda.


Ruang keluarga dan ruang makan:


Bagian tengah rumah mewakili keberuntungan dalam keluarga. Maka paling baik digunakan untuk ruang keluarga atau ruang makan. Kegiatan keluarga, seperti nonton TV atau bermain di ruang tengah akan menciptakan energi feng shui yang baik Bagian ini juga sangat baik untuk menggantungkan potret keluarga.



Dalam ruang keluarga, tempatkan perabot simetris (persegi empat). Hindari pengaturan perabot tidak simetris (berbentuk L atau U). Penting pula untuk mempertimbangkan keleluasaan gerak penghuninya. Gerakan chi dibuat berkelok-kelak lembut.

Dapur dan kamar mandi:


Sudut barat laut akan sangat “terluka” jika digunakan untuk WC, dapur atau gudang karena akan mengusir keberuntungan kepala keluarga. Dapur di sudut barat laut lebih buruk lagi. Kompor atau pemasak di sana menyebabkan pengaruh sangat menghancurkan.



Jika WC berada di sudut barat daya, semua wanita di rumah itu bisa mengalami masalah percintaan, karena laki-laki di rumah itu punya WIL (wanita idaman lain). Atau, mereka berat jodoh.

Posisi tangga:


Hindari menempatkan tangga di ruang tengah, apalagi tangga melingkar. Penempatan seperti ini melambangkan kematian. Pindahkan tangga ke sisi tepi, atau biarkan daerah di antara tangga kosong. Hindari membangun WC, dapur, dan godang di bagian tengah rumah.



Posisi tangga yang baik di bagian tepi rumah. Ingat pula, jangan menggelar karpet merah di anak tangga. Jangan pula menaruh bentuk air (akuarium, lukisan danau, lukisan sungai, air terjun) di bawah tangga, karena bisa “melukai” anak-anak.

Kamar tidur:

Pedoman untuk kamar tidur agar terhindar dari ancaman energi negatif.


  1. Sebaiknya gunakan satu kasur
  2. Bentuk ruangan beraturan (persegi).
  3. Tidak di antara dua pintu, atau menghadap langsung ke pintu.
  4. Posisi terbaik diagonal antara pintu dan tembok di belakangnya.
  5. Tidak berada tepat di bawah palang menonjol, jendela, atau kamar mandi.
  6. Tempatkan kamar tidur di sektor sejuk dan tenang, gunakan teori yin dan yang untuk warna tirai, seprai, dan karpet. Yang adalah putih terang, sedangkan yin hitam, gelap.
  7. Usahakan posisi kepala mengarah ke sheng chi (energi menguntungkan) Anda.
  8. Hindari benda bentuk tajam mengarah ke posisi tidur Anda
  9. Hindari tempat tidur yang terpantul pada cermin.
  10. Hindarkan bentuk air di kamar tidur. Hindari pula tanaman hidup, lukisan binatang, benda tajam, atau pistol.


Pedoman untuk pintu utama:


  • Berbahan solid. Hindari bahan kaca dan plastik keseluruhan.
  • Sebaiknya dengan dua daun.
  • Posisi tidak terancam energi negatif.
  • Tidak menghadap jalan lurus menuju rumah.
  • Sebaiknya menghadap ruangan terbuka.
  • Tidak menghadap tanah tinggi atau tepat di bawah kamar mandi.
  • Tidak terhalang pohon, tiang, perabot, dll.
  • Tidak menghadap ke kamar mandi, tangga, pintu lain, dinding bercermin, atau gudang berantakan.
  • Lampu di sisi kanan dan kiri pintu utama meningkatkan keberuntungan.
  • Pintu dalam dan pintu keluar tidak satu garis lurus, supaya tidak menyebabkan aliran energi mematikan. Jika ada tiga dalam satu lorong, letakkan penyekat di depan pintu kedua.


Menghindari energi beracun:


Hindari energi negatif yang bisa “melukai “Anda. Pilar, furniture, palang menonjol bisa menciptakan ancaman, gara-gara chi terhalang. Jika ada pilar menghalangi aliran energi, bisa diperluas dengan menempatkan tanaman atau membalut pilar dengan cermin.

Bentuk energi negatif bisa bermacam-macam. Misal, sudut yang menonjol tajam, tiang tunggal. Bisa juga karena munculnya energi lurus, atau adanya tiga pintu dalam satu garis lurus. Sementara tanaman dan lonceng bisa memperlambat laju energi. Tanaman juga menyerap energi pembunuh.

Sha: Chi terpotong.


Pagar tanaman, maupun tembok bata, permukaan rata lainnya, serta lapangan menyalurkan energi sangat cepat. Aliran energi ini menimbulkan kesulitan bagi tanaman yang dilaluinya. Ruang antara rumah, garasi, dan sisi tembok menimbulkan efek sirkulasi chi kurang baik.

Sheng: Energi menguntungkan


Angin disaring tanaman di sisi kanan rumah, untuk dapat menerima aliran udara. Konstruksi depan pagar yang terbuka menyaring energi yang meliuk-liuk perlahan menuju ke bagian pinggir dan meliuk menyusuri rerumputan. Semak belukar di sudut rumah ikut mencegah terjebaknya chi di tempat itu.

Menyeimbangkan Chi


Chi! (energi vital) mengalir melewati dan mengelilingi rumah kita. Dengan pedoman pola pa-kua (lambang feng shui 8 sisi) dan unsur alam, Anda dapat mengoptimalkan chi untuk menciptakan keharmonisan dalam kehidupan Anda.

Ada beberapa saran praktis - sebutlah Delapan (Langkah) Perbaikan - untuk meningkatkan energi Anda dan membawa perubahan.

  • Cahaya. Gunakan lampu penerangan ruangan, atau cermin untuk memantulkan cahaya. Cahaya penting untuk memastikan chi tidak terfokus pada arah yang salah.
  • Suara. Di pekarangan, tanam tumbuhan yang bisa melembutkan tiupan angin, atau mengatur ketersediaan air. Sementara lonceng angin di dalam rumah mengaktifkan chi yang lemah dan menghalau kekuatan negatif.
  • Warna. Untuk memfokuskan ruangan dan mempengaruhi kehidupan Anda, gunakan warna yang tepat sesuai pa-kua.
  • Kehidupan. Akuarium ikan dalam rumah. Burung-burung di taman, dan persemaian menambah semangat. Aktivitas kehidupan merupakan ekspresi kuat dan membawa chi,
  • Pergerakan. Air di dalam maupun di luar rumah akan menyediakan chi melalui alirannya. Anda dapat juga menggunakan kipas angin atau tanaman untuk memperbaiki tiupan angin.
  • Peralatan mekanis. Bisa meliputi ornamen yang bergerak ditiup angin dan pompa air. Ini akan memperluas pergerakan. Dengan begitu peralatan mekanis juga menyebarkan chi.
  • Keteduhan. Batu-batuan dan patung di pekarangan juga berperan penting. Anda dapat menggunakan gambar yang melukiskan kedamaian atau ornamen yang membangkitkan keteduhan di dalam rumah.
  • Garis lurus. Kadang-kadang chi dapat diam di sudut ruangan rumah. Bentuk garis lurus dapat meneruskan energi. Contoh, pegangan tangga. 
Berhubung kemarin2 kita sudah membahas ttg Feng shui Meja Kerja Besok kita akan membahas mengenai bagaimana caranya memperbaiki feng shui rumah. Semoga bermanfaat yah ^_~

sumber : intisari

You Might Also Like

0 comments

About me

Aspiring to give hope and resources to those in pursuit of self-acceptance, with a little touch of my personal life. I hope you leave this blog with more positivism each time you visit. Hope you enjoy your stays and have a blessing day.

Follow by Email