Menikah mapan part 2 (Pernikahan Dalam Kesederhanaan dan Kebahagiaan)

Kemarin2 saya membahas tentang menikah mapan, di menikah mapan part 1 dimana saya membahas bahwa tidak memungkinkan bagi kita yg berpenghasilan pas2an bisa merried.



Eits tunggu dulu, mari kita ubah pemikiran dan paradigma yg salah selama ini..

Menikah itu bisa kok walaupun gajinya hanya 3-4jt perbulan (yg gajinya sudah 10jtan keatas dan punya dana lebih gak usah masuk yah, seperti orang tuanya kaya dan lain sebagainya.. Karena di sini dikhususkan bagi mereka yg start dari 0 bukan seperti kalian yg sudah berkelimpahan). Nah mau tau caranya bagaimana?

Saya bagi tips yah,

Resepsi

Ubahlah cara pandang kalian dan adat istiadat yg salah tentang mau mengadakan resepsi besar2an. banyak pasangan muda berpikir bahwa pernikahan yg indah itu adalah pernikahan dengan resepsi yg besar dan megah, hal ini didasarkan karena budaya orang indonesia yg mengatakan bahwa "hari yg spesial" harus di isi dengan PEMBOROSAN. yak PEMBOROSAN..

Pasangan yg bijak dan dewasa mengambil keputusan menikah itu bukan karena didasari atas "gw mau menikah karena gw mau punya resepsi yg terlihat MEGAH dan GRANDEUR". Seharusnya mereka yg mau menikah adalah 2 pasangan yg memikirkan ingin hidup bahagia bersama-sama dalam suka maupun duka. Karena itu unsur materi juga perlu di perhitungkan (wajar karena ini realistis, hidup itu butuh uang buat membeli kebutuhan sehari2).



Untuk masalah bagaimana mendapatkan penghasilan kita akan bicara di lain hari, tetapi sekarang saya akan berbagi tips dan masukan untuk bagaimana menikah mapan menurut versi saya.

Buanglah jauh2 untuk mengadakan resepsi besar2an karena itu merupakan pemborosan dan kurang bijak, buatlah suatu pernikahan yg sederhana tetapi menarik dan unik. Karena hal tersebut akan mengenang sepanjang hidupmu. Bayangkan kalo pernikahan kalian resepsinya seperti orang lain, wah pasti kedepannya akan ada orang yg lebih megah dan bisa jadi bagi mereka-mereka yg belum dewasa bisa saja berpikiran untuk sirik. "Si X punya pernikahan megah banget yah, kayaknya lebih megah daripada resepsi gw deh.." Nah loh kalo udah begini mau gimana?

While a wedding is a wonderful dream day, it's important to remember that one of the biggest causes of divorce is debt and financial worries.
If the cost of your wedding leaves you financially crippled and in debt for most of your married life, it's a pointless waste. - Martin

Karena itu perhitungkanlah pernikahan kalian seperti contoh dibawah ini.

http://www.learnvest.com/2012/06/how-i-did-it-held-a-100-person-wedding-for-under-4000/

http://www.thesimpledollar.com/eighteen-tips-for-a-frugal-not-cheap-wedding/

*Sedikit ide tambahan,
coba kalian pikirkan siapa saja yg kalian mau undang? lalu buatlah di selembar kertas dan buatlah undangan pernikahan kalian sendiri dimana kalian yg menulisnya dan mengukirnya buatlah seperti scriblle anak2.. hal tersebut pastilah unik. dan buatlah tempatnya dengan design yg menarik 
 (mayoritas pada males dan bisa menggunakan design sendiri dan nge-print sendiri).


Usahakan pengeluaran untuk resepsi dibudget untuk pernikahan hanya berkisaran di angka 30jt-60jt. Setau saya, pihak bank di luar memberikan cicilan untuk biaya pernikahan tidak tau disini. Tetapi bagi saya, 30-60jt itu masih termasuk nominal yg wajar dan achievable. kuncinya adalah membuat pernikahan yg menarik dan UNIQ. Gunakan daya imajinasi dan kreatifitas anda untuk membuat pernikahan yg menarik tersebut.. Dan ingat, mulailah menabung dari hari ini juga.

Buatlah perencanaan bersama2 dan buatlah 1 account khusus atas nama salah satu pasangan (usahakan yg paling banyak menabung yg berhak memegang account tersebut). Tetapi jangan di gunakan untuk keperluan pribadi atau bersenang-senang bersama-sama. Sebutlah rekening tersebut adalah rekening tabungan merried bersama-sama. Hanya boleh digunakan apabila untuk membiayai merried.

Mobil

Memang betul harga mobil berkisaran untuk  tahun ini adalah 150jtan. Eits tapi tunggu dulu, kalian ini sedang membicarakan pernikahan.. Kok bisa2nya bawa2 mobil? mobil itu adalah suatu luxury yg saya rasa lom perlu diambil apabila kalian ingin menikah. sudah tau pendapatan hanya sebesar 3-4jt.. yg perlu kalian pikirkan adalah memiliki kendaraan untuk ber2 dulu.. dan kendaraan ber2 yg romantis adalah motor. Yak motor, kenapa saya berkata seperti ini. Selain dari sisi romantisnya..

Harga mobil terendah yg saya ketahui adalah Honda mobilio dengan harga 80jtan. bisa menampung sekitar 5 orang lebih. (mobil sedan yg seharga 300jtan pada umumnya juga menampung 5 orang). Jadi secara kegunaan saja, mobil itu kendaraan untuk family car. bukan untuk 1 orang atau pasangan biasa.. (ingat yah, kalau anda orang yg mampu membeli dan memiliki mobil silahkan untuk keluar dari thread ini, karena ini hanya untuk mereka yg ingin menikah "mapan" versi saya).

jadi kita bisa mencoret tulisan mobil dari list pernikahan kita.. Say goodbye to the car. And say hello to the motorcycle. :)

Mari kita lihat secara matematis secara kredit, motor terbaru pada umumnya adalah di kisaran 600rb an/bulan. Sedangkan untuk mobil dikisaran 4-5jt an/bulan. Nah, gaji kita saja disini adalah 4jtan, masa kita buat beli mobil aja tiap bulan ngutang.. nah kan gak mungkin dong, berarti yg realistis adalah memiliki motor. Sedangkan kisaran motor kredit saja ada kok yg dikisaran 200rb-300rb (pinter2 cari kredit motornya saja).

Rumah

Nah untuk yg satu ini nih, sedikit tricky... kalau ini saya tidak ada komplain sama sekali, dimana memang betul kita membutuhkan rumah untuk tinggal.

Solusinya ada beragam, mencari rumah dengan harga sangat murah, mengontrak, atau tinggal bersama kedua orang tua (salah satu orang tua).

Untuk masalah tinggal bersama orang tua, tinggal bagaimana kita bersikap dan menyesuaikan diri dengan orang tua yg akan kita tinggal bareng.. Sedangkan bagi yg mau tinggal sendiri dan hidup mandiri..

Mengambil kontrakan

Kontrakan pada umumnya untuk rumah yg layak ditinggali berkisaran antara 6 jt - 12 jt pertahun (ambil contoh seperti di daerah Bekasi maupun Tangerang, saya rasa di daerah lebih murah lagi).

Itu berarti sebulannya berkisar antara 500rb - 1 jt per bulan. Dan umumnya para penyewa menyewakan rumah mereka minimal 2 tahun lamanya.. dimana disini kita bisa nego2 harga.. Sehingga kita bisa mendapatkan budget yg lebih murah..

Berarti kita cukup perlu pertahun menabung 12jt selama 2 tahun. Maka kita sudah mendapatkan 1 rumah untuk di tinggali bersama-sama, apabila secara matematis.. tentu perbulan kita hanya perlu menabung sebesar 1jt/bulan. Untuk hal ini pasangan wajib tahu loh.. karena perencanaan ini perlu dipikirkan dengan dewasa dan matang.

Mengambil Kredit Rumah

Salah satu teman saya, mendapatkan rumah murah di daerah cibubur. Memang betul apabila anda yg bekerja di jakarta, maka akan menjadi kendala dalam hal jarak (karena itu mari kita mulai membudayakan diri kita menggunakan angkutan umum dan juga bus).. Tetapi saya bisa merekomendasikan daerah ini kenapa? karena daerah cibubur, bisa saya bilang sebagai salah satu daerah kota satelit. Selain murah, tempatnya masih dalam tahap pembangunan (ibarat kata seperti nextnya bekasi barat atau nextnya BSD). Dia mengambil rumah dengan kredit 2jt/bulan.

Dimana harga rumahnya adalah 200jtan (2 kamar tidur dan 1 kamar mandi). Menurut saya bagi mereka yg ingin berkeluarga pilihan rumah seperti inilah yg patutnya anda pilih. Mulailah mencari dari sekarang atau pas masih berupa gambar (masih berupa lahan kosong atau masih berupa tanah). Dimana umumnya 2-3 tahun pihak developer baru menyediakan rumah tersebut..

-------------------------

Nah secara matematis,

Bagi yg mengambil kontrakan rumah + kredit motor
setiap bulan hanya mengeluarkan :

Kredit motor : 300rb
Kontrakan rumah : 1jt

total 1.3jt

Pendapatan bulanan 4jt

Pendapatan bulanan - Total pengeluaran perbulan (cicilan kontrakan rumah+kredit motor)

Rp.4.000.000 - Rp.1.300.000 = 2.700.000 

(masih ada sisa 2.7jt untuk kehidupan sehari-hari, entah ini mau digunakan untuk biaya transportasi maupun untuk makan dan minum).

Sedangkan untuk mereka yg mengambil Kredit rumah + kredit motor
setiap bulan hanya mengeluarkan :

setiap bulan hanya mengeluarkan :

Kredit motor : 300rb
Kredit rumah : 2jt

total 2.3jt

Pendapatan bulanan 4jt

Pendapatan bulanan - Total pengeluaran perbulan (cicilan kredit)

Rp.4.000.000 - Rp.2.300.000 = 1.700.000

(masih ada sisa 1.7jt untuk kehidupan sehari-hari, entah ini mau digunakan untuk biaya transportasi maupun untuk makan dan minum).


Nah dari gambaran diatas, menikah itu memungkinkan.. Asal kita bisa mengelola keuangan kita.. Mudah2an tips ini bisa jadi gambaran kita untuk mereka2 yg ingin menikah.. Karena itu mulailah mengelola keuangan anda dari sekarang, di topik selanjutnya saya akan membahas tentang bagaimana mendapatkan pendapatan tambahan (bukan promosi MLM, salah satunya yg saya sudah upload disini).



You may also like

Diberdayakan oleh Blogger.