mengakses situs yg di blokir dengan OpenDNS & GoogleDNS

/
0 Comments
Banyak teman2 yg mendapatkan notif internet sehat dan juga internet positif tetapi kenyataannya situs yg di kunjungi tidak ada masalah apa2.

Seperti saya yg biasa suka membaca komik2 di luar pada situs mangafox.me dimana saya bisa membaca komik2 dengan gratis dan juga lebih cepat keluarnya ketimbang komik2 di indonesia. Memang hal ini saya lakukan sebagai hobby pengisi waktu luang saya pada saat sedang menunggu janji ataupun sekedar menikmati waktu kosong.

Tetapi hal itu berubah sejak banyaknya kejadian yg menimpa Negara tempat tinggal saya bernaung memiliki masalah secara internasional. Dimulai dari pembajakan Australia terhadap SBY sehingga membuat kedua Negara ini menjadi bersiteggang satu dengan yg lain, dan juga membuat masyarakat Indonesia terkena dampak filterisasi dalam dunia internet mereka, seperti situs2 forex, media institusi international bahkan situs2 yg berbau informasi terlarang.

Tetapi tidak usah khawatir, karena sekarang kita akan membahas bagaimana kita mengangkat filter tersebut sehingga kita dapat mengakses semua situs yg diblokir tersebut.


Yak, kita akan menggunakan OpenDNS atau Google utk mengatasi masalah yg sedang kita hadapi. 

Langkah pertama adalah kita mengklik kanan network status notification icon dan memilih “Open Network and Sharing Center


lalu setelah kita memilih Open Network and Sharing Center” maka tampilan ini yg akan muncul.


maka kita memilih "Ethernet" (utk kasus saya adalah ethernet, tetapi dalam kasus anda mungkin berbeda) di bagian "Connections" dibawahnya "HomeGroup".


lalu klik pilihan "Properties" maka pilihan dibawah ini yg akan muncul..


scroll kebawah sampe ada pilihan "Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)" dan pilih "Properties" maka akan muncul pilihan seperti dibawah


dan pilihlah "Use the following DNS Server addresses :
dan ubah 

Preffered DNS server menjadi 8.8.8.8 
Alternate DNS server menjadi 8.8.4.4

lalu klik OK.

setelah itu coba browsing ke situs yg tidak dapat di buka tersebut (ingat utk clear history terlebih dahulu) dan kalau masih terblokir cukup restart komputer (kalau dari pengalaman saya, tidak perlu restart komputer sudah dapat browsing ke mangafox.me).

P.S : sekedar info tambahan, hal ini juga memiliki dampak mempercepat web browsing kita.





You may also like

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.